Sister City Medan Dan Gwangju Jadi Liputan Khusus Majalah Ternama Korsel - SNN | Suara Nasional News

Hot


Jumat, 01 Februari 2019

Sister City Medan Dan Gwangju Jadi Liputan Khusus Majalah Ternama Korsel



Medan | SNN - Wawancara antara Wakil Walikota (WW) Medan Akhyar- dengan  wartawan Korsel  Seulki Lee sehubungan "kota kembar Medan-Gwangju "di Balai Kota Medan, Jumat (01-02-2019).akan dimuat di surat kabar regional terkemuka di Korea Selatan bernama Moodeung Iibo dalam rangka memperingati hari jadi surat kabar tersebut yang ke 30.

hubungan sister city (kota kembar) yang terjalin antara Kota Medan dengan Kota Gwangju sejak penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU) yang dilakukan  tahun 1997. akan dimuat di surat kabar regional terkemuka di Korea Selatan bernama Moodeung Iibo dalam rangka memperingati hari jadi surat kabar tersebut yang ke 30. Di samping itu juga menjadi liputan khusus kota Gwangju dengan beberapa pemerintah daerah di Negara ASEAN, termasuk DKI Jakarta.

Diharapkan melalui pemberitaan yang direncanakan akan terbit dalam waktu dua minggu ke depan, Seulki Lee berharap berdampak dengan semakin banyak warga dari Korea Selatan dan kota Gwangju yang datang berkunjung ke Kota Medan. Dengan demikian akan berimbas denganpeningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kota Medan dari sektor pariwisata.

Sebelumnya  Akhyar Nasution, memaparkan  secara rinci, hubungan yang terjalin sejak tahun 1997 dibuktikan dalam bentuk diabadikannya nama Kota Gwangju sebagai nama salah satu jalan di Kota Medan tahun 2002.

Khusus pertukaran pelajar, Akhyar mengatakan  sudah dilakukan sejak tahun 1999. Setiap tahunnya para pelajar dari Kota Gwangju yang datang ke Medan dijamu di rumah dinas Wali Kota Medan. Dalam jamuan tersebut, Pemko Medan menyajikan berbagai kuliner khas Sumatera Utara dan Kota Medan khususnya. Selain itu, tidak jarang para pelajar yang datang juga diajak ke berbagai destinasi wisata yang ada di Sumut seperti ke Danau Toba.

"Sebagai kota yang sama-sama berkembang, saya merasa banyak hal yang mendasari kenapa Kota Medan dan Kota Gwangju menjadi sister city. Kami sendiri banyak belajar dari Kota Gwangju tentang penataan kota. Sebaliknya, Kota Gwangju juga banyak mengadopsi beberapa hal dari Kota Medan untuk diterapkan di sistem pemerintahan Kota Gwangju,’’ kata Wakil Wali Kota.(torong/fit)