Wali Kota Medan : Festival Olah Raga Rekreasi Upaya Pelestarian Permainan Tradisional -->

Wali Kota Medan : Festival Olah Raga Rekreasi Upaya Pelestarian Permainan Tradisional

Senin, 10 Desember 2018

Wali Kota : Festival Olah Raga Rekreasi Upaya Pelestarian Permainan Tradisional


Medan | SNN -  Wali Kota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S. M.Si, M.H mengapresiasi digelarnya Festival Olahraga Rekreasi Kota Medan Tahun 2018. Olah raga rekreasi sendiri merupakan olahraga yang berbasis permainan tradisional yang kian hari kian menghilang dari tengah-tengah masyarakat. Ia menilai kegiatan ini menjadi upaya untuk pelestarian permainan tradisional yang sarat akan muatan positif.

Apresiasi ini disampaikan Wali Kota dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan, Marah Husin, saat membuka kegiatan tersebut di Kolam Renang Deli, Minggu (09-12-2018).
           
“Budaya permainan dari nenek moyang ini tentu bukan sembarang permainan, banyak makna yang dapat diperoleh dari bentuk-bentuk permainan tradisional diantaranya mengasah kerjasama tim, mengasah daya konsentrasi, dan yang lebih penting banyak dari permainan tradisional yang memberi ruang bagi anak-anak dalam mempererat modal sosial nya seperti pertemanan dan bergotongroyong,” ujar Marah Husin.

        
Penyebab permainan tradisional ini punah, selain tidak lagi diajarkan kepada generasi muda, masyarakat sendiri tidak lagi melirik sejarah budaya yang melatarbelakangi permainan tersebut.

”Nilai sejarah yang terkandung pada permainan tradisional tentu bermacam-macam, dan sejarah ini yang menjadikan permainan ini lebih menarik. Dengan mengetahui sejarahnya tentu anak-anak kini dapat merasakan semangat permainan tradisional ini dengan baik,” kata Mantan Staf Ahli Bidang Hukum Setda Kota Medan ini.(torong/fit)