Wakil Wali Kota Medan Ajak Masyarakat Perhatikan Kebersihan Sungai - SNN | Suara Nasional News

Hot


Minggu, 30 September 2018

Wakil Wali Kota Medan Ajak Masyarakat Perhatikan Kebersihan Sungai

Medan | SNN -Wakil Wali Kota Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si menghadiri acara Penaburan Benih Ikan ke Sungai Deli di Dermaga Go River, Avros Park,
Medan, Minggu (30-09-2018).

Penaburan benih ikan ini diselenggarakan oleh Yayasan Budaya Hijau Indonesia dan Go River Indonesia sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan khususnya Sungai Deli.

Ditemui seusai acara, Wakil Wali Kota mengapresiasi kegiatan ini dan mengajak warga masyarakat Kota Medan untuk lebih memperhatikan kebersihan sungai.

“Sungai merupakan habitat ikan, jika habitatnya dijaga tentu ikan-ikan tersebut dapat berkembang biak dengan baik dan kita dapat menikmatinya bersama sebagai hiburan dan tempat wisata yang gratis dan tidak perlu pergi jauh karena ada di Kota Medan sendiri,” ujar Wakil Wali Kota.

Disamping itu, Wakil Wali Kota juga mengimbau kepada warga masyarakat untuk tidak membuang sampah  ke sungai dan bermukim di daerah aliran sungai sehingga menyebabkan terjadinya pendangkalan yang mengakibatkan sungai-sungai tidak lagi mampu menampung debit air yang tinggi disaat musim penghujan.

“Sungai juga menjadi daerah resapan, kehadiran sungai sangat penting untuk pengendalian banjir di kota ini. Namun, banyak hal akhirnya menyebabkan sungai kita menjadi dangkal salah satunya menumpuknya sampah di sungai maupun parit dan drainase serta pemukiman di daerah
aliran sungai," paparnya.

Kegiatan penebaran sebanyak 3000 benih ikan tempatan ini juga dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Ketua Yayasan Budaya Hijau Indonesia Barbara Surya Yusuf, Pembina Go River Indonesia Muhammad Azmi beserta pengurus dan hadirin juga pengunjung Avros Park.

Seusai menebar benih boat melaju menyusuri aliran sungai, tampak Gubsu dan Wakil Wali Kota berdialog dan memperhatikan keadaan disekitar sungai dan sesekali melambai kepada warga pengunjung Avros Park yang  menonton dari atas dermaga dan di pinggiran taman. (torong/fit)