Pemko Tak Konsisten Tangani Masalah Reklame Di Medan - SNN | Suara Nasional News

Hot


Senin, 17 September 2018

Pemko Tak Konsisten Tangani Masalah Reklame Di Medan

Medan | SNN - Pemerintah Kota (Pemko) Medan dinilai tak konsisten menangani masalah reklame di Medan. Hal ini menjadi salah satu penyebab anjloknya realisasi pajak reklame.

Ketua Pansus Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Walikota Medan 2017, Roby Barus mengungkapkan, sejak dulu DPRD Medan telah memberi rekomendasi untuk membongkar papan reklame bermasalah. "Tapi sampai sekarang masih banyak papan reklame liar. Ada apa ini," katanya pada pembahasan LPj 2017 di Ruang Banggar, DPRD Medan, Senin (17-09-2018).

Dia menduga ada permainan antara oknum Pemko Medan dengan pengusaha sehingga papan reklame liar masih banyak dibiarkan. "Pemko tidak konsisten menjalankan rekomendasi yang diberikan," ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Medan, Zulkarnain mengungkapkan, sepanjang 2017 realisasi pajak reklame hanya sebesar Rp22,3 miliar. Angka ini masih jauh dari target yang ditetapkan yakni Rp94,3 miliar.

Salah satu penyebab jebloknya realisasi itu adalah maraknya reklame liar yang berdiri. "Banyak reklame yang tak memiliki izin, sehingga kita tidak bisa mengutip pajaknya," katanya.

Untuk itu, kata dia, tahun ini pihaknya akan terus malakukan penertiban terhadap reklame liar yang ada.(torong/fit)