Pj Gubsu Bersama Bupati Langkat Lepas Keberangkatan Jemaah Calhaj Kloter 1 Embarkasi Medan - SNN | Suara Nasional News

Hot


Minggu, 22 Juli 2018

Pj Gubsu Bersama Bupati Langkat Lepas Keberangkatan Jemaah Calhaj Kloter 1 Embarkasi Medan

Medan | SNN - Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA melepas keberangkatan Kloter pertama jamaah calon haji (Calhaj) Embarkasi Medan Tahun 1439 H/2018 M, Minggu (22-07-2018) di Asrama Haji Medan. Sebanyak 388 Calhaj asal Kabupaten Langkat itu diharapkan dapat menjaga kesehatan dan tidak memaksakan diri saat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Makkah.

"Saya harapkan kepada bapak dan ibu agar benar-benar berusaha untuk melaksanakan ibadah haji nantinya dengan baik dan sempurna semua rukunnya," ujar Pj Gubsu Eko Subowo.

 Selama di Tanah Suci, para Calhaj juga diingatkan untuk tetap menjaga nama baik nagara Indonesia, khususnya Sumatera Utara (Sumut), sebab akan berhadapan dengan berbagai macam etnis dan budaya di dunia. " Tunjukkan bahwa kita bangsa yang berbudaya tinggi, memiliki sifat sosial dan ramah," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Plt Kepala Kanwil Kemenag Sumut  H Tengku Darmansah didampingi Humas Imam mengatakan  kloter 1 Embarkasi Medan terdiri dari wanita 229, di antaranya terdapat 1 petugas daerah TPHD /TKDH dan 1 orang TKHI , sementara pria 159 yang diantaranya terdapat 2 petugas daerah TPHD/TKDH Medan dan 1 TPHI,  1 TPIHI  serta 2 TKHI.

 “ 3 orang calhaj yang gagal yakni Muhammad Sukardi Hombeng bin Hombeng (54) sakit setelah masuk Asrama Haji, Supiarti Susarman bin Sunarto (56) pendamping yang sakit serta Haryono Sujana bin H Safarti (61) mengundurkan diri,”paparnya.

Bupati Langkat Ngosesa Sitepu didampingi Bupati Langkat terpilih Terbit Rencana Perangin-angin mengatakan terimakasih terpilihnya Jamaah  asal Kabupaten Langkat mengisi Kloter 1.

“Kepada Jemaah agar melaksanakan ibadah dengan sebaik mungkin, jaga kesehatan, banyak minum,apalagi informasi suasana di Arab Saudi panas, jaga kekompakan dan persaudaraan sesama Jemaah,bisa menjadi haji mabrur,”papar Bupati.

Sedangkan kepada Camat dan Kepala Desa, Kadus sudah saya perintahkan untuk mengawasi  rumah Jamaah, agar Jemaah bisa beribadah dengan khusuk, ujar Bupati.

Sedangkan Wakil Ketua DPD RI Damayanti mengatakan sesuai rapat kita dengan Menteri Agama  bahwa banyak kebijakan baru dibuat untuk perbaikan agar Jemaah haji mendapat pelayanan lebih baik lagi.

“Para Jemaah juga diberikan makanan Citra Nusantara dimana juru masaknya didatangkan dari Indonesia, bumbunya pun dari Indonesia, mudah-mudahan Jemaah bisa menikmati hidangan citra nusantara, jatah makanan catering pun menjadi  40 hari, tinggal 5 hari beli nasi sendiri,” paparnya.(torong/fit)