BPPK Kemenlu Tawarkan Kerjasama Pemko Medan -->

BPPK Kemenlu Tawarkan Kerjasama Pemko Medan

Jumat, 13 Juli 2018


Medan | SNN - Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menerima  kunjungan  kerja Badan Pengkajian Pengembangan Kebijakan  (BPPK) Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia  di Balai Kota Medan, Kamis (12-07-2018).  Kunjungan itu dilakukan dalam rangka mewujudkan kerangka Indonesia India Bilateral Project on Indo Pacific.

Dalam kunjungan tersebut,  delegasi BPPK membawa serta Duta Besar India untuk Indonesia Pradeeep Kumar Rawat beserta para pejabat di lingkungan Kedua Besar India serta delegasi bisnis India serta Konsul Jendera India di Medan Dr Shalia Shah. Melalui kunjungan yang dilakukan itu diharapkan terjalin kerjasama bilateral antara  India dengan Indonesia.

Pimpinan delegasi Kemenlu RI Eko Hartono menjelaskan, kedatangan mereka untuk membuka peluang bagi pengusaha Kota Medan untuk memanfaatkan peluang bisnis di Kepulauan Andaman dan Nicobar, salah satu kepualauan di India. Pasalnya, pemerintah India saat ini sedang concern membangun Kepulauan Andaman dan Nicobar.

Diungkapkan Eko, pemerintah India saat ini  telah mengeluarkan  dana sebesar USD 2 miliar untuk membangun Kepulauan Andaman dan Nicobar. Selain pembangunan bandara, juga  diikuti dengan hotel dan resort. Sebab, pemerintah India ingin menjadikan Andaman dan Nicobar menjadi salah satu tujuan wisata terbaik di India.

“Saat ini sekitar 500.000 wisatawan yang datang mengunjungi Kepulauan Andaman dan Nicobar. Hal inilah yang mendasari pemerintah India untuk membangun Kepulauan Andaman dan Nicobar. Jadi saya mengajak para pengusaha dari Kota Medan agar memanfaatkan peluang ini untuk berbisnis,” kata Eko. 
               
Wakil Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution,M.Si menyambut baik tawaran tersebut, mengingat antara Indonesia, terutama Kota Medan dan India selama ini telah terjalin hubungan yang sangat erat sejaka lama. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya komunitas India yang ada di Kota Medan.

“Selama ini kami hidup berdampingan dengan erat bersama masyarakat dan komunitas India yang ada di Kota Medan. Dalam keberagaman, kita menjadi satu keluarga besar  dalam  Medan Rumah kita,” jelas Wakil Wali Kota.(toorng/fit)