Banyak Bangunan Berdiri Di Medan Tanpa IMB -->

Banyak Bangunan Berdiri Di Medan Tanpa IMB

Sabtu, 28 Juli 2018




Medan | SNN - Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak bangunan yang dibangun di Kota Medan, tidak memiliki IMB. Hal itu karena kurangnya pengawasan dari instansi terkait sehingga ada okum yang mengambil keuntungan di situasi ini.

Dalam hal ini, pengawasan dari dinas terkait harus dimaksimalkan karena akibatnya mengurangi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan, ujar Ketua Komisi D DPRD Medan Ir Parlaungan Simangunsong kepada wartawan, Jumat (27-07-2018).

Disebutkannya, Pemko Medan harus tahu bahwa banyak kebocoran PAD di daerah ini akibat kurang bagusnya kinerja aparaturnya, terutama di kecamatan dan kelurahan. Sebagai lembaga paling dekat dengan masyarakat, harusnya kelurahan tahu berapa jumlah pembaguanan yang sedang berlangsung dan harus bisa memastikan bahwa bangunan tersebut dibangun setelah ada IMB-nya.

Yang terjadi justru banyak aparat kelurahan yang tidak melaporkan adanya banguan berdiri tanpa IMB. Hal ini harusnya menjadi pertanyan, kenapa mereka tidak melaporkan.Apakah tidak tahu atau pura-pura tidak tahu, ujar Politisi Partai Demokrat ini lagi.

Kalau kondisi separti ini dipastikan target PAD Kota Medan dari bidang ini tidak akan tercapai.IMB dibuat bukan hanya sekedar mencari pemasukan Pemko Medan, namun untuk menata kota supaya rapi dan sesuai RUTRK, ujarnya lagi.

Apabila ingin menjual rumah umumnya pembeli akan menanyakan kepemilikan IMB. IMB bisa menjadi jaminan atau agunan jika ingin meminjam uang. Hal ini karena IMB memiliki nilai sama seperti sertifikat tanah. Tak hanya menjadi syarat dalam jual ataupun beli akan tetapi bisa menjadi syarat mutlak dalam menyewa rumah, ujarnya. (torong/fit)