Halal Bihalal Akbar Yang Dihadiri Ribuan Peserta di Sabang Akan Memperkuat Kesatuan Bangsa -->

Halal Bihalal Akbar Yang Dihadiri Ribuan Peserta di Sabang Akan Memperkuat Kesatuan Bangsa

Jumat, 29 Juni 2018


Sabang | SNN - Pelaksanaan Halal Bihalal Akbar yang dilaksanakan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), BUMN Perbankan, Swasta, Organisasi Masyarakat, Organisasi Pemuda, Komunitas Masyarakat, Pemuka Lintas Agama dan Tokoh Masyarakat yang diikuti 2.000 orang lebih, yang digelar pada Kamis (28-06-2018), akan memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.

Pada pagi hari sebelum kegiatan pokok dimulai peserta bergabung bersatu satu sama lain tanpa perbedaan duduk bersela diatas terpal yang dipajangkan diatas jalan depan Kantor Walikota Sabang. Seluruh peserta mulai dari Walikota, DPRK, Danlanal, Fasharkan, Kapolres, Dandim, Danlanud, Kejaksaan, Pengadilan, dan Seluruh Instansi Vertikal, BUMN, beserta masyarakat menyatakan sikap untuk bersatu dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.
                                                 
Teungku Muhammad. Yakub Saleh SH yang juga Ketua Majelas Permusyawaratan Ulama (MPU) Sabang, mewakili masyarakat Sabang dalam pidatonya menyampaikan, pelaksanaan Halal Bihalal Akbar yang terjadi hari ini sebagai momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Sabang ke 53, dan kegiatan ini pertama terjadi dalam sejarah  Sabang., kata Muhammad Yakub.

Ditambahkan, kegiatan ini bukan sebuah acara serimonial tetapi merupakan ungkapan kebersamaan mempersatukan hati satu tekad untuk membangun Sabang, kedepan yang lebih maju, berkembang dan mensejahterakan rakyat. Dimana, dalam pergelaran kegiatan ini, ikut terlibat seluruh lapisan masyarakat dan semua suka bangsa serta lintas agama.
.
Paska bulan suci Ramadhan dan Hari raya idul Fitri Halal Bihalal Akbar ini juga dapat mengembalikan struktur jiwa kita semua, yang lebih baik dari sebelum bulan Ramadhan. Maka, dengan pergelaran Halal Bihalal kita bisa saling memaafkan dan mempererat silaturahmi baik sesama agama, antar agama, antar suku atau ras untuk mempersatukan diri guna menguatkan kita dalam menjaga Nusantara.

Apa yang telah dilaksanakan selama bulan Ramadhan kiranya dapat kita mengimplementasikan makna ibadah yang telah kita jalani selama sebulan penuh itu, maksud dan tujuannya adalah agar dapat memanfaatkan waktu dalam menjalakan tugas kita masing-masing dan lebih mendisiplinkan diri dalam kehidupan sehari-hari.

Sabang merupakan sebuah daerah yang memiliki kesatuan dan persatuan yang beda dengan daerah lainnya dimana masyarakat Sabang, berasal dari berbagai suku bangsa, agama, dan latar belakang yang berbeda pula. Namun semuanya “Sama saling mengenal, bersahabat, dan tidak melihat kekurangan atau kelebihan pihak lain. Maka masyarakat Sabang mempersilakan siapa saja dan darimana silahkan dating ke Sabang, yang penting tetap satu dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika, sebutya.

Sementara itu Walikota Sabang Nazaruddin yang disapa Bang Agam, atas nama Pemerintah Daerah FKPD, BUMN, Swasta, Instansi Vertikal dan Masyarakat, Walikota Sabang Nazaruddin menyampaikan, terlaksananya Halal Bihalal Akbar ini tercipta atas pemikiran-pemikiran Forkopimda, TNI/Polri, dan Tokoh masyarakat sehingga terbentuk silaturahmi ini., kata Bang Agam.

Diharapkan  kegiatan Halal Bihalan Akbar yang diprakasanyi para pemimpin instansi Pemarintah Sipil, TNI/Polri institusi vertikal, BUMN, swasta, ormas dan tokoh masyarakat, menjadi sebuah catatan sejarah yang penuh makna dan menyatukan bangsa dengan ditandai pita merah putih dikepala, tentunya sebagai keikhlasan dalam  menjaga kedamaian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).,

Kedepan tambah Nazaruddin, kita akan adakan event-event lain yang dapat menghidupkan Sabang bukan saja pada siang hari, tetapi juga pada malam hari. Untuk itu, persatuan dan kesatuan yang terjalin baik ini menjadi modal utama dalam ikatan kekeluargaan bangsa.

Kepada Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), diminta segera menyelesaikan pembangunan gedung di dermaga Balohan agar pintu masuk ke Sabang akan menjadi pintu utama terbaik yang ada di negeri ini. Kemudian kepada Bea dan Cukai yang kini siap bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dan BPKS supaya ikut membantu memasukkan barang dari luar negeri ke Sabang., harapnya.

Amatan media ini Pelaksanaan Halal Bihalal Akbar berhasil memberi makna positif tidak hanya kepada masyarakat Sabang tetapi juga kepada wisatawan baik lokal maupun internasional. Sehingga Halal Bihalal Akbar ini menjadi sebuah kegiatan besar yang pertama terjadi dan menjadi sejarah baru bagi Sabang.
                                                 
Terlaksananya Halal Bihalal Akbar tersebut atas niat tulus dan buah pikiran seluruh pimpinan yang ada, dengan cara mensisihkan dana dari kantong masing-masing kemudian dikumpulkan oleh bendahara yang telah terbentuk selanjutnya menjadikan sebuah acara duduk dan makan bersama. Halal Bihalal yang diketuai Komandan Lanal Sabang itu, menjadi sebuah catatan penting yang perlu dipertahanka.(jal)