Wali Kota Prihatin Dengan Tingginya Angka Perceraian -->

Wali Kota Prihatin Dengan Tingginya Angka Perceraian

Kamis, 12 April 2018

Medan | SNN - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengaku sangat prihatin atas tingginya angka perceraian di Kota Medan.

 Dari 3.000 kasus yang ditangani Pengadilan Agama (PA) Medan Kelas I A selama setahun, 80 % diantaranya merupakan kasus perceraian, sedangkan sisanya 20% lagi menyangkut kasus yang lain seperti masalah warisan, harta gono-gini, hak asuh anak serta ekonomi syariah.

 Rasa prihatian ini disampaikan Wali Kota ketika menerima kunjungan Ketua PA Kelas I Medan di Rumah Dinas Wali Kota Medan, Rabu (11-04-2018).

 Selain bersilaturahmi dan memperkenalkan diri, keunjungan itu dilakukan dalam rangka untuk membangun sinergitas dengan Pemko Medan, terutama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

 “Saya sangat prihatin dan merasa miris dengan tingginya angka perceraian di Kota Medan. Padahal kita ketahui bersama bahwa anaklah yang menjadi korban akibat dampak dari perceraian tersebut. Selain psikologis, masa depan anak juga ikut terganggu. Untuk itulah saya berpesan kepada pasangan suami istri agar berpikir panjang sebelum memutuskan perceraian,” kata Wali Kota.

 Didampingi Asisten Umum Ikhwan Habibi Daulay dan Kabag Agama Setdakot Medan Adlan, Wali Kota pun berharap agar pihak PA Kelas I Medan berupaya semaksimal mungkin untuk menekan angka perceraian tersebut. Apalagi sebelum memutuskan perkara perceraian, pihak PA lebih dulu melakukan mediasi.

 “Saya berharap mediasi yang dilakukan dapat mengubah keinginan pasangan suami istri yang ingin bercerai menjadi tidak bercerai. Apalagi perceraian merupakan hal yang paling dibenci oleh Allah SWT walaupun diperbolehkan dalam konteks tertentu. Insha Allah dengan mediasi yang baik dilakukan pihak PA, perceraian dapat diatasi,” harapnya. 

 Selanjutnya Wali kota menyatakan, Pemko Medan melalui OPD terkait siap mendukung penuh PA Kelas I Medan sehingga pekerjaan yang dijalankan dapat terlaksana dengan baik. “Selama ini hubungan Pemko Medan dengan PA Kelas I Medan sudah terjalin dengan baik. Semoga dengan kehadiran Ketua PA Kelas I Medan yang baru bisa lebih baik lagi,” ungkapnya.

 Ketua PA kelas I Medan Drs Misran SH Mhum didampingi sejumlah bawahannya menjelaskan, kedatangan mereka untuk memperkenalkan diri sekaligus bersilaturahmi dengan Wali Kota beserta jajarannya.

 “Saya baru menjabat sebagai Ketua PA Kelas I Medan. Untuk itu saya datang untuk bersialturahmi sekaligus menjalin sinergitas dengan Bapak Wali kota,” jelas Misran.(torong/fit)