Menteri LHK Launching Medan Zero Waste City 2020 -->

Menteri LHK Launching Medan Zero Waste City 2020

Senin, 23 April 2018


Medan | SNN - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LH) Republik Indonesia Dr Ir Siti Nurbaya Bakar MSc me-launching Medan Zero Waste City 2020 dalam acara peringatan Hari Bumi Sedunia Tingkat Nasional di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (22-04-2018).

 Dengan launching yang dilakukan tersebut, Medan diharapkan sebagai kabupaten maupun kota terdepan dalam penerapan program Zero Waste City di Indonesia. Selain launching Medan Zero Waste City 2020, peringatan Hari Bumi juga dimeriahkan dengan karnaval, upacara, pelepasan selubung mural tagline Medan Zero Waste City 2020, pemberin hadiah kepada aktifis dan pemerhati lingkungan, bazar, pembangiam bibit tanaman serta panggung hiburan rakyat dengan menghadiri penyanyi ibukota Shandy Sondoro. 

 Menteri LHK dalam sambutannya mengatakan, sngat penting sekali menjaga dan merawat bumi. Sebab, tidak ada alternatif tempat tinggal lain di alam semesta ini, kecuali planet bumi. Oleh karenanya dituntut peran dan perhatian semua pihak sehingga lahir gerakan bersama guna mewujudkan bumi yang nyaman untuk dihuni.

 Menteri LHK sangat mengapresiasi Pemko Medan yang telah menunjukkan perannya menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan peringatan Hari Bumi ini. Melihat tingginya antusias kehadiran masyarakat serta para aktivis lingkungan, dia menilai telah terjalin sinergis antara aktivis lingkungan dan Pemko Medan dalam menjaga lingkungan hidup bersama.

 Sebelumnya, Wali Kota Medan Drs. H T Dzulmi Eldin S MSi mengungkapkan, peringatan Hari Bumi merupakan perwujudan refleksi akan keadaan bumi. Saat ini, ungkapnya, usia bumi kian menua dan semakin banyak pula beban yang dipikulnya sehingga perlu selalu dijaga dan dirawat.

 Dikatakan Wali kota, salah satu langkah kongkrit untuk mengurangi beban polusi bagi bumi adalah dengan memenej sampah, sehingga pencemaran di atas bumi dapat ditekan. Untuk itulah, lanjut Wali Kota, Peringatan Hari Bumi ini disatukan komitmen dan tekad bersama dalam upaya mewujudkan program Medan Waste City . (torong/fit)