Akhyar Minta Dukung Masyarakat Pembangunan Proyek LRT Dan BRT - SNN | Suara Nasional News

Hot


Kamis, 29 Maret 2018

Akhyar Minta Dukung Masyarakat Pembangunan Proyek LRT Dan BRT

Medan | SNN-Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi didampingi Kepala Bappeda Kota Medan Wirya Al Rahman menghadiri acara talk show di I Radio Medan Jalan Sei Halaban, Kelurahan Sei Sikambing C, Kecamatan Medan Petisah, Kamis (29-03-2018).

 Dalam acara yang berlangsung live tersebut, topik yang diangkat berjudul, “Mengawal Proyek Light Rail Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Medan”.

 Dipaparkan Wakil Wali Kota kepada para pendengar I Radio, Pemko Meedan saat ini tengah mempersiapkan LRT dan BRT sebagai transport massal di Kota Medan. Pilihan ini didasarkan dengan kondisi jalan yang ada di ibukota Provinsi Sumatera Utara. Di samping itu biaya lebih ekonomis dibandingkan dengan penggunaan Mass Rapid Transit (MRT).

 Menurut Wakil Wali Kota, kemungkinan MRT akan dioperasikan sebagai transport yang akan melayani Mebidangro (Medan, Binjai, Deli Serdang dan Tanah Karo). Kemudian di- connect dengan LRT dan BRT yang ada di Kota Medan sehingga terintegrasi. “Untuk saat ini Pemko Medan fokus mempersiapkan LRT dan BRT,” kata Wakil Wali kota.

Sementara itu Kepala Bappeda Kota Medan Ir Wirya Al Rahman menambahkan, proyek LRT dan BRT di Kota Medan dibangun dengan sistem Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

“Pembiayaanya sebagian besar menggunakan dana dari pemerintah dan kita berupaya seminim mungkin mengeluarkan anggaran,” jelas Wirya. (torong/fit)