Pemko Tebing Tinggi Gelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Banjir -->

Pemko Tebing Tinggi Gelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Banjir

Sabtu, 03 Februari 2018

Tebing Tinggi | Indonesia Berkibar News -Walikota  Tebing Tinggi Ir.H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM memimpin rapat koordinasi penanggulangan banjir di Kota Tebing Tinggi, Jum'at (02-02-2018) bertempat di Ruang Data I Pemko Tebing Tinggi.
 

Turut hadir dalam rapat ini Kepala balai wilayah sungai (BWS) Sumatera II ditjen sumber daya air Kementerian PU dan perumahan rakyat Roy Panagom Pardede, ST beserta rombongan, Kajari Tebing Tinggi, Sekdako Tebing Tinggi, Wakapolres Tebing Tinggi, OPD, camat dan Lurah terkait, Danramil 13 serta Kepala BPN Tebing Tinggi.

Walikota mengatakan bahwa rapat ini kita laksanakan untuk menindaklanjuti dari upaya kita di dalam mencegah banjir yang sebelumnya terjadi di Tebing Tinggi.

"Banjir ini bukan bersumber dari kita melainkan dari Kabupaten Simalungun dan ada sungai-sungai di Tebing Tinggi ini yang di lintasi oleh banjir tersebut diantaranya Sungai Padang, Bahilang, Kelembah dan sibarau.Dan 4 sungai ini berakibat fatal bagi kita kalau sudah banjir,"Jelas Beliau.

Selanjutnya H.Umar Zunaidi Hasibuan mengucapkan terimakasih kepada BWS Sumatera II atas selesainya bendungan Bajayu dan kami berharap bendungan yang lama segera dibongkar serta tanggul yang akan di bangun nanti bisa lebih tinggi lagi.

"Dan Kami siap untuk mempermudah didalam proses proyek pembangunan tanggul serta kepada para Lurah mulai lakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pembebasan lahan, ganti rugi dan pembongkaran, jangan lagi di beri izin orang membangun di daerah pembangunan proyek,"ujar umar.
Terakhir kepada BPN Tebing Tinggi Walikota mengharapkan dapat membantu mempermudah di dalam pembebasan lahan dan kepemilikan status lahan tersebut.

Selanjutnya Kepala BWS Sumut II dalam paparannya menyampaikan agar dilakukan koordinasi dengan Pemkab Serdang bedagai terkait pelaksanaan shortcut dari sungai Bahilang ke Sungai Sigiling dan pembuatan tanggul di hilir sungai Padang mengingat lokasi tersebut berada di serdang bedagai.

"Dan perlu segera melakukan koordinasi oleh Pemerintah Kota terkait dengan pelaksanaan kegiatan pembebasan lahan di Kota Tebing Tinggi," jelasnya.

Lanjut Roy Panagom Pardede di dalam paparannya, adapun rencana kegiatan proyek pembangunan yang akan dilakukan diantaranya normalisasi sungai sigiling, pembuatan tanggul parapet dan tanggul tanah di pinggiran  sungai Padang, Bahilang, Kelembah dan sibarau dengan total luas lahan yang dibutuhkan kurang lebih 90, 6 Ha.(toron/zul)