Dinas PKPK Tebing Tinggi Terus Benahi TPA - SNN | Suara Nasional News

Hot


Jumat, 02 Februari 2018

Dinas PKPK Tebing Tinggi Terus Benahi TPA

Tebing Tinggi | SNN - Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Kebersihan (PKPK) Kota tebing Tinggi, Sumatera Utara, terus melakukan pembenahan terhadap Tempat Pembuangan Sampah (TPA) sehingga lebih tertata.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Kebersihan (PKPK) Tebing Tinggi, Rusmiyati Harahap di Tebing Tinggi, Jumat (02-02-2018), mengatakan, secara bertahap pihaknya terus melakukan pembenahan terhadap sejumlah TPS yang ada sehingga sesuai dengan standar yang ditetapkan Kementerian Lingkungan Hidup.

"Itu salah satu prioritas kita. Tebing Tinggi sudah dua kali berturut-turut meraih Piala Adipura. Jadi penanganan sampah harus terus tingkatkan, agar Adipura itu bisa terus di pertahankan," katanya.

Ia mengatakan TPA Sei-Segiling, bukan hanya sekedar tempat pembuangan sampah, namun sampah-sampah yang ada dikelola secara baik sehingga bisa menghasilkan dan bermanfaat, seperti diolah menjadi pupuk kompos, dan bio gas metan.

Meskipun bio gas yang dihasilkan masih dalam skala kecil, namun cukup bermanfaat memenuhi kebutuhan di TPA tersebut terutama pemanfaatan untuk kompor memasak.

"TPA kesannya bukan lagi tempat yang kumuh dan berbau busuk, tetapi sudah rapi dan bahkan ada taman-taman tempat bermain dan kadang kala dijadikan pula tempat kegiatan rapat-rapat, kami terus berupaya mengelolanya secara baik dan asri," katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan ajakan kepada semua masayrakat untuk turut menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing, serta rutin menggelar gotong royong dalam upaya menjaga dan meningkatkan kesehatan.

"Menjaga dan memelihara kebersihan di Kota Tebing Tinggi harus dimulai dari lingkungan sendiri," katanya sambil menambahkan bahwa Kota Tebing Tinggi saat ini memiliki TPA seluas 5 hektare.(torong/zul)