Desa Lubuk Kertang Panen Raya Padi Sawah - SNN | Suara Nasional News

Hot

Selasa, 06 Februari 2018

Desa Lubuk Kertang Panen Raya Padi Sawah

Langkat | SNN - Desa Lubuk Kertang Kecamatan Brandan Barat yang mata pencaharian warganya sebagian besar bertani, di jadikan tempat kegiatan panen raya padi sawah dan tanam perdana kedelai secara serentak, Selasa (06-02-2018).

Kabupaten Langkat yang memiliki 37.054 hektar lahan sawah, dimana 20% dari lahan tersebut merupakan sawah irigasi dan 80% sawah tadah hujan. Dengan jumlah ini Kabupaten Langkat telah mampu swasembada pangan selama 6 tahun berturut-turut. Dengan kondisi ini Kabupaten Langkat salah satu pendukung dan penyangga swasembada pangan untuk Sumatera Utara dan Kabupaten Langkat menjadi kabupaten terbesar pertama sebagai sentra penghasil beras di Provinsi Sumatera Utara dengan jumlah kontribusi 10,67 %. Dengan banyaknya kontribusi ini, maka Dinas Pertanian Sumatera Utara di tahun 2017 telah memberikan bantuan 10,5 milyar untuk Kabupaten Langkat.
Acara yang dimulai dengan pemanenan padi sawah menggunakan mesin potong ini dilakukan secara simbolis ini berada di hamparan seluas 700 hektar yang seluruhnya sawah tadah hujan dan dilakukan penanaman kedelai secara serentak dilahan padi sawah dengan luas 110 hektar.

Penanaman perdana kedelai ini secara simbolis dilakukan oleh Ketua DPRD Terbit Rencana Perangin-Angin, Kapolres Langkat Dede Rojudin, Dandim Deni Eka Gustiana, Sekda H. Indra Salahudin dan para pejabat lainnya.

Penanaman kedelai di areal persawahan ini merupakan yang pertama, hal ini dilakukan Pemerintah Daerah Langkat melalui dinas pertanian dalam upaya mendorong petani untuk menggunakan lahan sawah tadah hujan untuk bertanam kedelai disaat ketersediaan air terbatas dan hal ini sebagai upaya mensukseskan program nasional dalam mencapai swasembada kedelai, sebut Kadis Pertanian Langkat Nasiruddin, SP.

Acara yang diprakarsai oleh Dinas Pertanian Kab. Langkat dan Dinas Pertanian Sumatera Utara ini dihadiri oleh Bupati Langkat yang diwakili Sekda, Ketua DPRD Langkat, Kadis Pertanian Provinsi Sumatera Utara M. Azhar Harahap, Kepala Balitbang Pertanian Sumut Hadizah Lubis, Kapolres Langkat, Dandim 0203 Langkat, para OPD Langkat, Camat Brandan Barat dan undangan lainnya.
Ketua DPRD Langkat Terbit Rencana Perangin-Angin pada kesempatan itu, sangat bangga dengan keberhasilan petani di Kecamatan Brandan Barat pada khususnya.

“Saya berharap keberhasilan ini dapat dipertahankan dan kita bersyukur atas keberhasilan ini,” sebutnya.

Ketua DPRD juga kepada petani agar tetap mempertahankan lahan padi sawah dengan tidak berganti atau beralih fungsi lahan sehingga kedepan kontribusi padi Kabupaten Langkat dapat terus dipertahankan swasembada pangannya, harapnya.

Pada kesempatan itu juga Ketua DPRD Kab. Langkat Terbit Rencana Perangin-Angin yang juga calon Bupati Langkat periode 2018-2023 ini mengajak masyarakat desa Lubuk Kertang Kecamatan Brandan Barat khususnya dan Kabupaten Langkat pada umumnya agar dalam pemilihan kepala daerah nanti dapat mensuskeskannya dengan tetap menjaga keamanan dan ketertiban ( udin bj/torong/zul
)

Post Top Ad

Your Ad Spot