Wali Kota Medan hadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan Tahun Baru 2018 - SNN | Suara Nasional News

Hot


Sabtu, 30 Desember 2017

Wali Kota Medan hadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan Tahun Baru 2018






Medan | Indonesia Berkibar News - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menghadiri Apel Gelar  Pasukan  Pengamanan Tahun Baru 2018 di Wilayah Kota Medan dan Sekitarnya yang dipusatkan di Lapangan Benteng Medan, Sabtu (30-12-2017).  Apel yang digelar ini merupakan bagian dari Operasi Lilin Toba 2017 dalam rangka pengamanan Hari Natal dan Tahun 2018.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto  bertindak sebagai pimpinan apel. Selain Wali Kota, apel turut dihadiri Plh Dandim 0201/BS Kol Arm Anggoro Nur Setiawan SIP, unsur Forkopimda Kota Medan serta pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan.

Dihadapan sleuruh peserta apel, Kapolresta mengatakan, perayaan Natal di Kota Medan berjalan dengan aman dan lancar. Indikatornya  tidak ada kejadian menonjol yang terjadi dan semua aktifitas masyarakat berjalan lancar. Oleh karenanya Kapolrestabes menyampaikan terima kasih atas  dukungan semua pihak.

Di samping itu, jelas Kapolrestabes, pihaknya juga telah melakukan operasi premanisme, memeriksa tempattempat yang dinilai rawan serta merazia petasan. Semua itu dilakukan untuk memberikan rasa aman sehingga pelaksanaan Natal dan Tahun Baru 2018 di Kota Medan berjalan dengan damai dan lancar.

Meski demikian Kapolrestabes mengingatkan  untuk tetap meningkatkan kewaspadaan, sebab terorisme  tetap menjadi ancaman terbesar mekipun telah dilakukan penangkapan di sejumlah daerah.  Di samping terorisme, masalah narkoba juga menjadi ancaman, terutama pada malam pergantian tahun.

“Malam tahun baru sifatnya lebih banyak hiburan sehingga rentan dengan penggunaan narkoba. Untuk itu saya minta agar semua bisa menahan diri agar tidak menggunakan narkoba, termasuk membentengi keluarga agar terhindar dari narkoba.  Sebab, bandar narkoba punya banyak cara untuk mengedarkannya,” kata Kapolresta.

Kemudian Kapolrestabes menyoroti kasus pencurian yang disertai kekerasan. Mengingat banyak warga yang meninggalkan rumah pada saat malam tahun baru, maka seluruh petugas Babinsa dan Babinkantibmas beserta jajaran kecamatan dan kelurahan untuk bersinergi dalam melakukan pengawasan, termasuk mengingatkan warga agar memastikan rumah dalam konmdisi terkunci sebelum pergi.

Yang terakhir, Kapolrestabes mengingatkan kasus pencurian kenderaan bermotor. Guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat merayakan Tahun Baru 2018, seluruh aparah kepolisin di wilayah hukum Polrestabes Medan untuk melakukan pengawasan terhadap kenderaan milik warga yang parkir di halaman rumah maupun tempat-tempat publik lainnya.

“Mari kita melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan keikhlasan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Apa yang kita lakukan ini bernilai ibadah,” pesannya.

Usai apel, Kapolresta bersama Wali Kota, Plh Dandim serta unsur Forkopimda lainnya langsung mengecek seluruh peserta apel  yang terdiri dari jajaran Polrestabes Medan, Kodim 0201/BS, Denpom I/5 Medan,  Brimob, Dinas Perhuungan, Dinas Pencegah dan pemadam Kebakaran, Satpol PP, Dinas Kesehatan serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan.

Sementara itu Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi snagat mengapresiasi digeal;rnya apel ini, sebab  kegiatan ini untuk mengecek kesiapan seluruh personel yang bertugas memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga Kota Medan dalam merayakan Natal dan Tahun Baru 2018 dari berbagai kemungkinan gangguan keamanan yang terjadi.

“Kita berharap seluruh petugas dapat menjalankan tugasnya dengan baik sehingga mereka mampu mencegah maupun mengatasi  setiap  kemungkinan potensi gangguan keamanan yang terjadi, terutama pada malam pergantian tahun,” harap Wali Kota.

Selanjutnya Wali Kota menghimbau kepada warga Kota Medan agar merayakan malam pergantian tahun dengan cara sederhana dan tidak berlebihan.  Apabila ada yang merayakannya dengan mengeraai kenderaan bermotor, Wali Kota mengingatkan untuk selalu menjaga keselamatan serta mematuhi  peraturan lalu lintas yang ada. (bahren)