Suguhan Pentas Wonderful Sabang Pukau Ratusan Pengunjung Sail Sabang 2017 -->

Suguhan Pentas Wonderful Sabang Pukau Ratusan Pengunjung Sail Sabang 2017

Sabtu, 02 Desember 2017


Sabang | Indonesia Berkibar News - Tarian kolaborasi Sanggar Seni Nurul Alam Banda Aceh menjadi pembuka penampilan perdana malam Pentas Wonderful Sabang & Marine Expo, Sabtu (02-12-2017).

Penampilan tari yang dibawakan sekitar 50 penari itu memukau ratusan warga yang hadir meski di bawah guyuran hujan. Warga tampak antusias dan menikmati setiap penampilan.

Tarian opening oleh Sanggar Seni Nurul Alam tersebut, menceritakan Aceh merupakan provinsi paling ujung di Barat Sumatera. Dimana memiliki keberagaman suku adat dan budaya.

Menggambarkan kebiasaan aktivitas masyarakat Aceh yang hidup dan tinggal di pesisir laut. Lelaki melaut ikut dibantu oleh istrinya.

Aksi yang ditampilkan oleh sanggar ini diawali dengan para penari wanita membawa kain putih panjang menggambarkan gelombang laut, selanjutnya penari Seudati, Ratoh Jaro, penari Rapai Geleng, dan tarian meusare-sare.

Salah seorang warga Kota Sabang, Lastri, mengaku sangat bangga event internasional kali ini berlangsung di kampungnya. "Sangat bangga selama saya di sini baru ini ada Sail Sabang. Baru kali ini pak selama saya besar di Sabang ada event seperti ini," katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh penonton yang hadir dari Jakarta, Prasetyo sengaja bertolak ke Aceh menuju Sabang karena ingin menyaksikan pagelaran Sail Sabang 2017.

"Memang sudah lama berkeinginan ke mari, apa lagi ada Sail Sabang banyak kapal-kapal yang berlabuh. Jadi penasaran pengen liat gimana gitu," ujarnya.

Tidak hanya itu, penampilan tarian Saman oleh Meuligoe Timur, memukau para warga yang hadir di sana. Aksi tarian seribu tangan dari wilayah Tengah Aceh itu menjadi penampilan paling spesial.

Kadisbudpar Aceh melalui Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani menyampaikan selain Wonderful Sabang & Marine Expo, juga menjadi sebagai panggung hiburan bagi para pengunjung dan warga kota Sabang khususnya.

"Kita di Aceh memiliki ragam kesenian. Maka di momen seperti ini kita tampilkan semua kesenian itu untuk disuguhkan kepada masyarakat," katanya.

Meski terus diguyur hujan sejak sepekan lalu, antusias masyarakat tetap tinggi ingin melihat berbagai acara yang di pusatkan di pelabuhan CT-3 BPKS Sabang.

"Warga rela kehujanan untuk hadir, ini membuktikan bahwa masyarakat senang dan menyambut baik event Sail Sabang 2017," imbuhnya.

Selain itu, Pentas Wonderful Sabang tadi malam juga diisi oleh Weh Country, Aicosa Caplie Ubiet, Clover Band, Meurandeh Band dan Apache13.(rel/torong)