Pemkab Sergai Gelar Bimtek Dan Pelatihan Aplikasi SISUMAKER - SNN | Suara Nasional News

Hot


Rabu, 01 November 2017

Pemkab Sergai Gelar Bimtek Dan Pelatihan Aplikasi SISUMAKER

Sei Rampah | Indonesia Berkibar News - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar acara Bimbingan Teknis dan Pelatihan Sistem Informasi Surat Masuk dan Keluar (SISUMAKER) bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (01-11-2017).

Kegiatan yang berlangsung selama 2 (dua) hari tanggal 1-2 Nopember 2017 tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Darma Wijaya dan dihadiri Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin, Kadis Kominfo Ikhsan, AP, Kepala OPD, para Narasumber dan Tenaga Ahli dari Pemko Tangerang Selatan Provinsi Banten yaitu Muhammad Yusuf, Agianto Syamhalim, Bagus Gede Arta Perdana, Ibnu Mas’ud dan Adlia Ikhwanuddin serta para peserta Bimtek dan pelatihan dari masing-masing OPD se-Sergai.

Mengawali sambutannya sekaligus membuka acara, Wabup Sergai Darma Wijaya mengemukakan bahwa Pemkab Sergai berkomitmen untuk mewujudkan Good Governance merupakan suatu tekad yang memerlukan kerja keras dan akselerasi yang cepat dari seluruh elemen pemerintah daerah.

Salah satu media untuk mendukung hal tersebut adalah peneraman E-Government dalam pengelolaan pemerintahan disegala sektor termasuk surat menyurat. Mengingat pentingnya peranan surat maka sudah selayaknya dilakukan penanganan khusus terhadap surat menyurat sehingga surat akan mempercepat dalam pencapaian tujuan dan terlaksananya tugas pokok yang telah direncanakan. Oleh karenanya pemanfaatan Teknologi Informasi (IT) merupakan hal yang wajib dalam mendukung pelaksanaan pemerintahan yang efektif dan efesien.

Maka dengan aplikasi SISUMAKER ini sistem surat menyurat di lingkungan Pemkab Sergai akan semakin efektif serta mempercepat alur disposisi surat masuk dan keluar serta efesien karena dapat membuka dan mendisposisikan surat dimanapun berada, ujar Wabup Darma Wijaya.

Mengakhiri sambutannya Wabup menyampaikan bahwa kinerja aparat pemerintahan mulai dari staf hingga pimpinan dapat dilihat dan dipantau sebagai penunjang E-Kinerja, aplikasi ini akan menunjang Pemkab Sergai dalam menghadapi era paperless yaitu era dimana pemakaian kertas semakin sedikit. Dengan semakin sedikitnya penggunaan kertas pada instansi-instansi tentu akan mendukung program pelestarian lingkungan juga akan menghemat penggunaan anggaran, pungkas Wabup Darma Wijaya.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan yang juga Kadis Kominfo Ikhsan, AP dalam laporannya menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi dalam pelaksanaan sistem persuratan di lingkungan Pemkab Sergai.

“ AP bahwa aplikasi ini hakikatnya merubah sistem tata kerja surat menyurat dari manual ke digital, tentu dukungan kelengkapan sarana dan prasarana IT menjadi sangat penting terutama peralatan scanner, printer, PC atau laptop serta jaringan internet. Untuk itu Ikhsan menghimbau agar setiap OPD dapat melengkapi dengan sarana dan prasarana tersebut,” paparnya.(itorong)