Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman Buka Open Turnamen Catur FPPKL Cup I - SNN | Suara Nasional News

Hot

Sabtu, 25 November 2017

Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman Buka Open Turnamen Catur FPPKL Cup I

Medan | Indonesia Berkibar News  - Ketua DPRD Sumut H Wagirin Arman Sabtu pagi (25-11-2017) di Medan membuka Open Turnamen Catur Forum Pedagang Pasar dan Pedagang Kakilima (FPPKL) KL Cup l, diikuti 208 peserta, berlangsung hingga 26 Nopember. Turnamen ini dimaksudkan untuk membangkitkan kembali kejuaraan-kejuaraan catur yang pembinaannya sudah lama lesu.


Pembukaan turnamen ini ditandai dengan langkah pertama secara simbolis yang dilakukan H Wagirin Arman, dikaitkan untuk memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada l0 Nopember lalu. H Wagirin yang juga Ketua DPRD Sumut itu dalam sambutannya mengatakan diharapkan dengan semangat kepahlawan yang kita miliki diharapkan akan muncul pecatur-pecatur  handal dari Sumut, khususnya Kota Medan.


Khusus kepada peserta diharapakannya agar bermain seportif,dan mengikuti peraturan yang berlaku. H Wagirin sangat berterimakasih kepada panitia yang telah bersusah payah menyelenggarakan kegiatan ini, khususnya kepada AP Luat Siahaan yang dikenal luas sebagai Tokoh yang mengurusi pedagang.


Wagirin mengatakan olahraga catur termasuk budaya Sumut, hal ini ditandai hampir di seluruh kedai kopi menyediakan papan catur. Karena itu, katanya lebih lanjut, Sumut harus tetap bisa menjadi juara dalam setiap kejuaraan catur tingkat Nasional.


Sementara itu Ketua Panitia, AP Luat Siahaan mengatakan turnamen ini diharapkannya bisa berlangsung diselenggarakan setiap tahun. Tahun ini katanya panitia menyediakan uang membinaan untuk juara l hingga juara V. Terdiri dari juara I -V masing-masing memperoleh Rp 5 juta, Rp 3 jua, Rp 1,5 juta, Rp 1 juta. Sedangkan juara VI-V memperoleh Rp 200 rib.


Luat yang dikenal luas sebagai tokoh yang mengurusi para pedagang ini mengatakan lebih lanjut, dia prihatin dengan kondisi pembinaan olahraga catur yang menurutnya akhir-akhir ini jauh menurun. Dia mengkritisi Penga Percasi Kota Medan maupun Pengda Percasi Sumut.Padahl siapun tahu katanya ada pembinaan semua cabang olahraga sudah masuk dalam APBD Kabupaten/Kota maupun Provsu.


Karena itulah katanya dia menyelenggarkan turnamen tersebut, guna membangkitkan kembali olahraga otak ini. Mudah-mudahan lanjutnya dari peserta sebanyak 208 orang ini, ada yang terpilih menjadi atlet catur Sumut dalam PON mendatang.  Sebab katanya tidak ada yang membantah bahba Sumut, khususnya Kota medan, merupakan gudang atlet Nasional.


Sementara itu, Wakil Ketua KONI Sumut, prof. Agung Sumarno ketika menutup turnamen ini mengatakan kejuaraan ini akan memunculkan atlet-atlet catur yang potensial dan berprestasi. Keluar sebagai juara 1,ll, lll masing-masing Akun Nasution, Darwis Girsang dan  Harun Marbun. (ZA/bahren)

Post Top Ad

Your Ad Spot