Gubernur Dan Menko Maritim Hadiri Toba Cross Run 2017 -->

Gubernur Dan Menko Maritim Hadiri Toba Cross Run 2017

Sabtu, 28 Oktober 2017

Humbahas | Indonesia Berkibar News - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Panjaitan bersama Gubernur Sumatera Utara (Sumut) menghadiri event Toba Cross Run 2017 di lokasi wisata Sipinsur Humbang Hasundutan, Sabtu(28-10-2017).

"Saya berharap seluruh kabupaten (se-kawasan Danau Toba) supaya bekerjasama dan kompak. Karena kesatuan itu penting, karena itu membuat kita lebih baik dan kokoh," ujar Luhut Panjaitan.

"Saya titip semua perencanaan yang dibuat harus bagus, jangan asal jadi. Termasuk seluruh ornamen harus menunjukkan ciri khas daerah. Karena ini akan jadi tujuan wisata turis Internasional," sebut Luhut.

Sementara Gubenrur Sumut Dr HT Erry Nuradi dalam sambutannya mengatakan, event Toba Cross Run 2017 yang diikuti kurang lebih 500 orang peserta dari berbagai daerah merupakan satu dari tiga syarat untuk memajukan pariwisata Danau Toba. Sedangkan dua faktor lainnya adalah infrastruktur dan keindahan panorama danau, ditambah jaminan keamanan bagi wisatawan selama berada di Sumatera Utara.

"Program pariwisata yang penting itu adalah infrastruktur baik jalan maupun akses transportasi udara yang saat ini melalui Bandara Internasional Silangit. Kemudian pemandangan yang indah, di mana Toba memenuhi syarat itu," ujar Erry.

Khusus untuk event Toba Cross Run 2017 ini, Erry mengetahui bahwa banyak peserta termasuk dari luar negeri mendapatkan informasi dari website dan berbagai media sosial.

Gubernur bersama Menko Maritim langsung memberikan piagam penghargaan kepada peserta tercepat Toba Cross Run yang berhasil menempuh jarak marathon sejauh 5 km, 25 km hingga 55 km yang mengambil jalur Balige-Silangit-Sipinsur. Bahkan seorang mantan Juara Dunia Marathon pada olimpiade 2013 asal Kenya, Samson juga ikut mendaftarkan diri pada ajang tersebut dan menjadi yang pertama finish untuk jarak 25 km.

Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor mengaku bangga karena bisa berkumpul bersama di acara Toba Cross Run 2017 di Sipinsur pada ketinggian 1.400 mdpl. Pembenahan terus dilakukan pihaknya agar satu dari tujuh kabupaten yang ada di kawasan Danau Toba ini ikut dikenal dunia.

Hadir Wakil Gubernur Sumatera Utara Dr Hj Nurhajizah Marpaung, Wakasad Hinsa Siburian, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw, Bupati Tobasa Darwin Siagian, Bupati Taput Nikson Nababan dan sejumlah Tokoh Adat. (saulus/torong/bundo)