Bangun Rasa Kebersamaan & Persaudaraan Melalui Perayaan Deepawali - SNN | Suara Nasional News

Hot


Sabtu, 28 Oktober 2017

Bangun Rasa Kebersamaan & Persaudaraan Melalui Perayaan Deepawali

Medan | Indonesia Berkibar News - Ribuan umat Hindu yang ada di Kota Medan menyaksikan Perayaan Deepawali 5119 Kaliyuga di lahan kosong bekas Taman Ria Jalan Gatot Subroto Medan, Sabtu (28-10-2017) malam. Melalui perayaan hari kemenangan kebaikan atas kejahatan ini diharapkan dapat lebih membangun rasa kebersamaan dan persaudaraan sekaligus meningkatkan kualitas keimanan umat Hindu.

Perayaan Deepawali ini merupakan hasil kerjasama Dinas Kbudayaan Kota Medan dengan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Medan dengan mengusung tema, “Dengan Semangat Deepawali 5119 Kaliyuga, Mari Kita Satukan Perbedaan Untuk Menuju Medan Kota Madani dan Religius”.

Wali Kota Medan mengatkan walaupun Indonesia adalah negara dengan mayoritas Muslim terbesar di dunia namun perayaan Deepawaali tetap dirayakan dengan penuh sukacita bagi para penganut agama Hindu di Indonesia, termasuk di Kota Medan. Hal ini menunjukkan tingginya tingkat toleransi antar umat beragama.

“Saya yakin dengan keberagaman yang kita miliki ini akan menjadi modal dasar yang begitu berharga dalam membangun Kota Medan tercinta ini. Untuk itulah melalui Perayaan Deevawali malam ini, saya harapkanm kita semua dapat lebih membangun rasa persaudaraan dan kebersamaan untuk menjadi pemersatu sumber daya pembangunan,” kata Wali kota.

Sementara itu,Ketua PHDI Kota Medan, Kalidasen mewakili umat Hindu Kota Medan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemko Medan melalui Dinas Kebudayaan yang telah memfasilitasi digealrnya Perayaan Deepawali ini. Apalagi Perayaan Deepawali seperti ini digelar rutin setiap tahunnya.

"Perayaan Deepawali tahun ini diharapkan dapat semakin mempererat hubungan silaturahmi diantara kita sehingga kita semua dapat mewujudkan Kota Medan yang harmonis dan religus,"harap Kalidasen.

Sebelumnya, Kadis Kebudayaan Kota Medan, Suherman selaku ketua penyelenggara kegiatan dalam laporannya menjelaskan, Perayaan Deepavali ini rutin digelar setiap tahunnya oleh Pemko Medan bekerjasama dengan PHDI Kota Medan. Kegiatan ini digelar untuk memabngun kerukunan dan mewujudkan keharmonisan masyarakat Kota Medan yang multi etnis dan agama.(bahren)